PROFIL DAN STRUKTUR ORGANISASI GREENPEACE


            Don’t Make A Wave Committee adalah nama suatu formasi yang bergerak di bidang lingkungan dan dibentuk oleh aktivis Kanada dan AS pada tahun 1970 yang pada waktu itu berusaha menentang penggunaan aktivitas nuklir di AS. Meskipun gerakan ini pada akhirnya gagal tetapi hal ini mampu memicu berbagai kalangan untuk membuat gerakan yang lebih besar. Tepatnya pada tahun 1971 muncul organisasi baru yang dinamai GreenPeace.  Bill Darnell adalah orang yang menggabungkan kata antara Green  dan Peace. GreenPeace adalah suatu organisasi internasional yang bergerak di bidang lingkungan. GreenPeace pada awalnya didirikan di Vancouver, Kanada pada tahun 1971. GreenPeace dikenal damai dalam menjalankan aksinya[1]. Seperti yang tertera pada pernyataan resminya bahwa[2] :

“Greenpeace adalah organisasi independen yang berkampanye tanpa menggunakan kekerasan untuk mengungkap suatu permasalahan lingkungan global dan untuk memaksa solusi bagi sebuah masa depan yang damai dan hijau. Target Greenpeace adalah untuk memastikan kemampuan bumi agar kelangsungan hidup bagi semua keanekaragaman”
Seiring berjalannya waktu pada tahun 1979 cabang organisasi dari GreenPeace mulai tersebar di berbagai dunia seperti Prancis, Inggris, Australia, dan Selandia Baru yang pada saat ini GreenPeace berpusat di Amsterdam Belanda dan mempunyai kantor cabang sebanyak 41 yang tersebar di berbagai belahan dunia. Berikut adalah beberapa dasar yang telah mereka setujui pada sebelumnya[3] :

  1. GreenPeace bekerja secara internasional mengingat masalah lingkungan adalah masalah internasional yang harus dihadapi secara bersama.
  2. GreenPeace bekerja secara damai.
  3. Greenpeace mempunyai kebebasan berdiri sendiri tanpa adanya pengaruh politik dari pihak lain
  4. GreenPeace menggunakan prinsip bearing witness yakni memberikan informasi kepada berbagai pihak dengan menyertakan berbagai bukti dan fakta yang berkaitan dengan lingkungan.
  5. GreenPeace bekerja secara efektif dengan memperhatikan sumber daya yang mereka gunakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s